Sistem (Informasi) Yang Baik

Sisfo Berbagi :
Sistem Informasi yang baik tidak akan dibuat secara sembarangan. Dalam pembuatannya diperlukan prinsip dan konsep yang benar benar matang, agar sistem tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan dalam penerapannya. Akan tetapi, bukan tidak mungkin sebuah sistem informasi mentah saat diterapkan, karena tidak adanya prinsip yang tepat dalam perancangan dan pembuatan suatu sistem informasi yang baik. 

Pada kesempatan ini, sisfo kita akan sedikit membahas tentang prinsip sebuah sistem yang baik. Berikut beberapa diantaran :


  • Pendataan
    Dokumentasi data, dimana setiap aktifitas sebisa mungkin dapat terekam dalam sebuah sistem informasi. Meminimalisir kegagalan sistem, mencegah agar sistem tersebut bisa berjalan sesuai dengan harapan.
  • Keamanan (Security)
    Pemberian sistem login yang menggunakan password, salah satu bentuk dari keamanan sebuah sistem. Hal ini digunakan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan suatu data.
  • Mudah dipelihara dan dikembangkan
    Pengukuran dan peninjauan berkala suatu sistem, dua hal ini saling berhubungan. Karena peninjauan sistem secara berkala dapat digunakan untuk memantau data sekaligus mengukur kinerja sistem yang sedang berjalan.
  • Integritas
    Proses verifikasi data, saat data dimasukkan hingga keluar menjadi sebuah informasi.
Semoga penjelasan singkat mengenai Prinsip Sebuah Sistem (Informasi) yang baik diatas, dapat membantu memberikan setidaknya sedikit gambaran tentang prinsip sebuah sistem yang baik.

Sebenarnya, masih banyak yang perlu dibahas. Mungkin lain kali kita akan sambung pembahasan ini. Silahkan komentar tentang apa selanjutnya yang akan kita bahas?? Dibawah!

0 komentar:

Koreksi Informasi

Ikuti Kami

Media Partner

Support By