Manfaat dan Fungsi Sistem Informasi (Komputer)

Sisfo Berbagi :
Bro and Sista...
Akhir-akhir ini penulis sedikit disibukkan dengan berbagai kegiatan organisasi dan kegiatan sosial lainnya. Karena aktif diberbagai organisasi, penulis bisa mendapatkan banyak jaringan dan informasi berbagai agenda, termasuk informasi lomba blog yang diadakan salah satu organisasi atau himpunan kampus yakni HIMSIF (Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika dan Sistem Informasi).

Blog ini dibuat khusus untuk menjelaskan dan berbagi informasi tentang apa itu Sistem Informasi, apa manfaatnya, dan bagaimana menerapkan Sistem Informasi itu sendiri. Oleh karena itu, penulis menamakan blog ini "Sisfo Kita (Sistem Informasi Kita)". Pada postingan sebelumnya penulis telah menjelaskan sedikit tentang apa itu Sistem Informasi. Dan pada postingan kali ini, penulis akan merangkum sedikit tentang Sistem Informasi. 

Sistem Informasi
Penulis telah merangkum definisi sistem informasi dari berbagi sumber.

Sistem Informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mencangkup input, output, dan proses yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan yang lainya, yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. - Postingan sebelumnya klik.


Manfaat dan Penerapan dari Sistem Informasi
Pengembangan sistem informasi memerlukan beberapa orang yang berketerampilan tinggi dan berpengalaman lama. Sistem Informasi yang baik adalah sistem yang mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh. Efisiensi dari sistem informasi sangat diperlukan, untuk mendukung perkembangan sistem informasi tersebut.

Di era komputerisasi kita seharusnya mengetahui apa manfaat dan etika dari sistem informasi. Setelah mengetahui apa itu definisi Sistem Informasi, kali ini penulis akan melanjutkan pembahasan tentang apa manfaat dan etika sistem informasi.

Manfaat Sistem Informasi bagi mahasiswa maupun suatu perusahaan yaitu kehadiran teknologi komputer dengan berbagai input, output, dan prosesnya. Dengan memanfaatkan teknologi komputer, didapat manfaat yang berupa kemudahan dalam penyimpanan, pengorganisasian dan pengambilan berbagai file. 

Berikut contoh penerapan Sistem Informasi pada lingkungan kampus.

Pada umumnya kejadian yang biasa terjadi dilingkungan kampus atau perguruan tinggi adalah keterbatasan pengelolaan data. Coba kita bayangkan, mulai dari pengelohan data untuk saringan ujian masuk, pengumuman hasil saringan ujian masuk, sampai proses pendaftaran ulang. Semua kejadian itu dilakukan atau diproses secara manual oleh pengolahan data atau administrasi data yang disusun secara sedemikian rupanya.

Nah, disinilah fungsi dari sistem informasi itu sendiri. 
Kesulitan yang sering terjadi pada bagian internal perguruan tinggi adalah banyaknya pengolahan data yang memerlukan pengolahan dalam waktu relative singkat. 

Secara umum Sistem Informasi dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau organisasi yang menginginkan layanan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas pelayan, hasil dan kualitas sumber daya manusia yang dihasilkannya.

Contoh lainnya, Sistem Informasi perbankan
Teknologi sistem informasi berbasis komputer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah telah diterapkan dalam dunia perbankan. Efisiensi waktu menjadi tolak ukur dalam penerapan teknologi sistem informasi.



Bank Sumsel Babel merupakan salah satu bank Indonesia yang telah menerapkan teknologi sistem informasi. Dengan Visi "Menjadi Bank Terkemuka dan Terpecaya dengan Kinerja Unggul", bank sumsel babel telah mencangkau nasabahnya. Dimana sebelum menerapkan sistem informasi, nasabah harus datang ke cabang-cabang bank yang tersedia untuk menabung atau bertransaksi lainnya. Sekarang menjadi lebih mudah kerena bank mulai menggunakan teknologi sistem informasi berbasis komputer dan nasabah telah bisa mengakses informasi bahkan bertransaksi melalui internet bahkan mobile dengan sistem SMS Gateway yang mulai diterapkan di bank.

Dalam dunia perbankan, dikenal dengan istilah Sistem Informasi Perbankan. Sistem Informasi Perbankan merupakan suatu sistem yang tersusun secara sistematis untuk mendukung pelayanan, pemeriksaan, pengaturan, dan pengawasan perbankan itu sendiri.

Misi Bank Sumsel Babel
  1. Membantu mengembangkan potensi daerah dan meningkatkan pertumbuhan perekonomia daerah.
  2. Menumbuhkembangkan Retail Banking, Corporate Banking, dan International Banking.
  3. Menegembangkan Human Capital yang Profesional dan tata kelola perusahaan yang baik,
Untuk mewujudkan Misi dari bank sumsel babel diatas, sistem informasi dapat diterapkan untuk menjangkau perusahaan-perusahaan secara profesional, guna menumbuhkembangkan Retail Banking, Corporate Banking, dan International Banking

Sistem Informasi yang tersusun secara sistematis dapat membantu proses analisis yang diperlukan oleh manajemen, karena dengan adanya laporan yang tersaji secara cepat dan dapat diakses kapanpun maka keputusan-keputusan yang akan diambil dapat lebih cepat dan tepat terhadap dinamika pasar.

Lalu bagaimana membantu pengembangan potensi daerah dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah?

Akhir-akhirnya ini, mahasiswa semester lima Informatika Bina Darma Palembang telah disibukkan dengan agenda Bina Warga, dimana mereka dituntut untuk membuat suatu sistem dan program untuk daerah. Dimana salah satunya mereka dituntut untuk membuat Sistem Informasi daerah. Mungkin disini Bank sumsel babel dapat bekerja sama dengan Universitas Bina Darma Palembang dalam pengembangan potensi dan peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah, namun tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan Universitas lainnya.


Berbagai macam sistem informasi dapat kita buat untuk membantu memudahkan pekerjaan kita. Dan berbagai macam bentuk sistem informasi tersebut akan kita bahas pada postingan berikutnya.

Bro and sista, cukup sekian postingan sisfo kita kali ini.
Lain waktu kita akan bahas kembali, mungkin langkah-langkah pembuatan Sistem Informasi yang baik dan benar. Silahkan tinggalkan kritik dan saran dikolom komentar, atau mungkin request judul postingan / pembahasan berikutnya.


Penutup dari penulis,
Dies Natalis HIMSIF (Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika dan Sistem Informasi) Universitas Bina Darma yang ke XIII. Semoga bisa menjadi pelopor kemajuan teknologi komputer khususnya Sistem Informasi, serta terus bekarya. 

Sekilas HIMSIF,
HIMSIF merupakan Salah satu himpunan mahasiswa Universitas Bina Darma yang terdiri dari mahasiswa Manajemen Informatika dan Sistem Informasi yang didirikan pada tanggal 26 Oktober 2001 oleh Edi Suratman. Adapun tujuan HIMSIF adalah sebagai wadah untuk pengembangan daya pikir, kreativitas serta minat bakat dari mahasiswa/i jurusan manajemen informatika dan sistem informasi, untuk membina hubungan silahturahmi antara mahasiswa manajemen informatika dan sistem informasi, serta menjadikan mahasiswa sesuai dengan Tri Darma perguruan tinggi. Kutipan Himsif, klik.

0 komentar:

Koreksi Informasi

Ikuti Kami

Media Partner

Support By